Pers Indonesia dan Dominasi Media Siber

Lynsey Afsari Puteri

Abstract


Makalah ini membahas kondisi pers di Indonesia yang terus berkembang. Kebutuhan informasi menjadi suatu hal pokok bagi masyarakat saat ini. Informasi tak sekedar menjadi berita, tetapi juga menjadi hiburan bagi mereka yang hampir tak lepas dari perangkat digital. Menyesuaikan era digital, banyak perusahaan media yang beralih ke online. Selain lebih simple dalam segi pemasaran dan kemasan, media siber lebih diminati masyarakat yang serba instant. Perusahaan media berlomba menyajikan konten semenarik mungkin. Media siber dianggap sebagai media yang lebih lentur memberi ruang pada publik untuk  bisa mendiskusikan setiap permasalah (isu) baik itu politik, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.Namun demikian, dengan kelenturan yang digarisbawahi sebagai bentuk kebebasan pers saat ini, media harus memiliki tanggung jawab. Bukan perkara mudah menggoreng suatu isu melalui konten berita di ranah sosial, ekonomi, terlebih lagi politik praktis ditengah pluralisme masyarakat Indonesia yang semakin kritis serta responsif. Bagaimana kemudian sistem pers Indonesia harus tetap menjadi pedoman yang mutlak ditegakkan mengimbangi ciri media siber yang mampu dengan cepat menampung arus informasi, selintingan berita yang terkadang tersaji hanya sepenggal, dan juga fenomena media sosial sebagai bagian dari media siber yang kini sangat digandrungi.


Full Text:

PDF

References


Abraham, F. Z. (2014). Pemanfaatan Media Online Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan

Admin DSLA (17 April). UU ITE: Pasal-pasal dan Mereka yang Terjerat, https://www.dslalawfirm.com/uu-ite/

Aguswandi, A., Cangara, H., & Sultan, M. (2019). Konstruksi Pemberitaan Partai Perindo di iNews TV. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 142-154. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.19

Aziz, Abd (2017). Sistem Teori dan Orientasi Pers. https://kumparan.com/mediamadura/sistem-teori-dan-orientasi-pers/full

Bill Kovach dan Tom Rosenstiel., The Element of Journalism. ed., Stanley, Penerjemah; Yusi A. Pareanom, (Jakarta; Institut Studi Arus Informasi, 2004), h. 39

Badri, Muhammad (2017) Inovasi Jurnalisme Data Media Online di Indonesia.

Cahyono, Anang Sugeng. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia

Heru Margianto dan Asep Syaefullah, Media Online; Antara Pembaca, Laba, Etika dan Problematika

Hapsari, P. (2019). Akun Instagram @Nurhadi_Aldo: Kritik Fenomena Sosial. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 43-47. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.5

Hasanti, I. (2021). Hambatan Komunikasi Event Project Team dengan Account Executive pada Perusahaan Jasa Event Organizer Twisbless. Journal of Servite, 1(2), 37 -48. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220195

John Vernon Pavlik, Journalism and New Media (New York: Columbia University Press, 2001), h. 3

Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, 1(2), 20 - 29. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220193

Lestari, P., Ritonga, R., Ruliana, P., & Barus, C. C. B. (2020). Disaster communication uses field training exercise simulation as an important aspect of disaster risk reduction. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1).

Mahrani, M., Ruliana, P., & Ritonga, R. (2020). Building the Image of Semarang City through Motocross World Championship. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 243-253. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.423

Natalia, E. (2020). Membangun Kesadaran Diri Generasi Muda akan Budaya Positif Melal Penggunaan Media Sosial. Journal of Servite, 2(2), 20 – 31 https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220203

Nurhajati, L., & Wijayanto, X. (2019). Kepemilikan Media dan Isi Pemberitaan Koran Tempo. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.1

Nurlatifah, Mufti (2018). Posisi Undang-Undang Pers Indonesia Dalam Ekosistem Media Digital. http://202.0.92.5/isoshum/profetik/article/view/1289

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa. (Cet. 1; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007)

Ostini & Fung (2002). Beyond the Four Theories of the Press: A New Model of National Media Systems

Pangaribuan, O., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 119-130. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Praktik Jurnalisme Online di Indonesia (Jakarta: Divisi Penyiaran dan Media Baru AJI Indonesia, 2010), h. vi 2 J.

Puspitasari, W., & Istiyanto, S. (2019). Pemberitaan Bias Gender dalam Kasus Prostitusi Online. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 76-81. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.9

Romli, Asep Syamsul M (2018). Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online.

Ritonga, R., Murwani, E., & Ritonga, S. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 82-91. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.102

Ritonga, R., Nugroho, E., & Handoko, D. (2019). Struggle of meaning and the Jokowi myth in the 2018 asian games opening video. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(1).

Ritonga, R., & Syahputra, I. (2019). Citizen journalism and public participation in the era of new media in Indonesia: From street to tweet. Media and Communication, 7(3), 79-90.

Sahputra, D. (2020). Kompetensi Wartawan dalam Liputan Anak yang Berhadapan dengan Hukum. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2), 97-105. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i2.42

Shalihah, Nur Fitriatus (2020). Polri: Penyebar Hoaks Corona Bisa Kena UU ITE, Terancam 6 Tahun Penjara. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/121703965/polri-penyebar-hoaks-corona-bisa-kena-uu-ite-terancam-6-tahun-penjara?page=all

Sunuantari, M., & Gunawan, I. (2021, January 16). Diseminasi Informasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi. Journal of Servite, 2(1), 47 - 57. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002120205

Surbakti, Dahlan (2015). Peran dan Fungsi Pers Menurut Undang Undang Pers Tahun 1999 Serta Perkembangannya.

W. H. Chun, dan T. Keenan, New Media, Old Media; a History and Theory Reader (New York: Routledge, 2006), h. 1

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67-74

Wirasahidan, J. (2019). Brand Community: Pola Komunikasi dalam Menjaga Keutuhan Kelompok. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 82-90. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.12

Yanuar, D. (2020). Peran Media Baru dalam Mengubah Perilaku Perokok Tembakau ke Rokok Elektrik di Kota Banda Aceh. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 62-77. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i1.31




DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v3i1.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lynsey Afsari Puteri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Indexed by: 

Google Scholar             


View My Stats