Studi Politainment dalam Perspektif Ekologi Media dalam Industri Televisi Indonesia

Sandy Allifiansyah

Abstract


Penelitian tentang ekologi media yang memasukkan unsur politainment (politics & entertainment) sebagai dasar studi termasuk dalam kajian komunikasi kontemporer. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa saat ini fenomena talk show politik maupun dialog yang menyangkut tokoh politik di Indonesia, selalu diselipi unsur hiburan. Seperti hal-hal non-teknis misalnya lagu kesukaan politisi, hubungan politisi dengan keluarganya dan lain sebagainya, menjadi lazim. Penyatuan aspek politik dan hiburan menarik untuk diteliti karena menyangkut kepentingan dua belah pihak, yakni media khususnya televisi dan politisi yang bersangkutan. Dengan melihat landasan empiris tersebut, kita sanggup mengetahui ekologi semacam apa yang terbentuk dan dipelihara oleh kedua belah pihak dalam memperebutkan perhatian publik di layar kaca. Penelitian yang berlandaskan metode observasi redaksional ini berhasil membahas tentang pergeseran konsep politik, dari yang semula sulit dan berat, menjadi ringan dan menghibur. Ekologi ini adalah konsekuensi dari sistem demokrasi yang Indonesia anut. Relasi antara politik, media, dan popularitas, tidak mungkin bisa dihindari. Politisi harus bertindak layaknya penghibur di layar kaca televisi nasional sebagai strategi komunikasi politiknya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v1i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi



 

 


Indexed by: 

Google Scholar             


View My Stats