Elektronik Sports Jurnalistik dalam Acara "eSports Star Indonesia"

Kahisya Prawajasena

Abstract


Televisi adalah salah satu media yang dapat mencakup khalayak masyarakat luas dari berbagai kalangan dan berbagai usia. Sesuai dengan kemajuan zaman televisi tidak selalu menampilkan olahraga yang menggunakan kemampuan fisik, namun adapula olahraga yang membutuhkan ketangkasan seperti yang saat ini sudah sangat kita ketahui sudah ada cabang olahraga elektronik sports atau biasa disebut dengan eSports. Dengan menggunakan teori sosial kognitif milik Bandura kita dapat melihat bahwa sosok seperti Jess No Limit dapat mempengaruhi khalayak luas hingga televisi. Kini kita bisa melihat banyak sekali televisi yang menyelenggarakan acara yang berhubungan dengan eSports. Contohnya dapat kita lihat melalui acara pencarian bakat atlet eSports Star Indonesia di GTV. Metode yang digunakan meliputi metode kualitatif yang berupa deskriptif naratif. Pemabahasan yang dapat ditemui  dalam studi kasus ini adalah melalui pendekatan four theories of the press yang di dalamnya diambil teori pers liberal kita dapat mengetahui bahwa pada acara ini pers memiliki kebebasan dalam menyiarkan acara tersebut tanpa terpengaruh elit politik dan pers mampu memberikan kolom komentar ke masyarakat untuk menentukan baik atau buruknya acara tersebut. Pengaruh atlet Jess No Limit juga dapat terlihat bagaimana kaum milenial tidak sedikit yang bercita-cita untuk menjadi seperti seorang Jess No Limit. Pada kesimpulannya kita dapat melihat bahwa media televisi mampu memberi pengaruh yang cukup tinggi terhadap masyarakat dan juga hanya dengan satu sosok panutan seperti Jess No Limit dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat luas khususnya kaum milenial.


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Andi. Televisi & Masyarakat Pluralistik, Prenada Media, 2015

Abraham, F. Z. (2014). Pemanfaatan Media Online Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan

Admin DSLA (17 April). UU ITE: Pasal-pasal dan Mereka yang Terjerat, https://www.dslalawfirm.com/uu-ite/

Aguswandi, A., Cangara, H., & Sultan, M. (2019). Konstruksi Pemberitaan Partai Perindo di iNews TV. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 142-154. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.19

Aziz, Abd (2017). Sistem Teori dan Orientasi Pers. https://kumparan.com/mediamadura/sistem-teori-dan-orientasi-pers/full

Didit Agus Triyono. (2013) The Four Press Media Theories: Authoritarianism Media Theory, Libertarianism Media Theory, Social Responsibility Media Theory, and Totalitarian Media Theory. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 13 No.3

Diyah Herliyanawati. (2017) “Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Ibu Kepada Anaknya yang Disekolahkan di Pondok Pesantren dalam Membangun Motivasi Belajar Anak”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol (1)

Hapsari, P. (2019). Akun Instagram @Nurhadi_Aldo: Kritik Fenomena Sosial. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 43-47. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.5

Hasanti, I. (2021). Hambatan Komunikasi Event Project Team dengan Account Executive pada Perusahaan Jasa Event Organizer Twisbless. Journal of Servite, 1(2), 37 -48. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220195

Halim, Syaiful. Dasar-Dasar Jurnalistik Televisi. Yogyakarta : Deepublish, 2015

Jones. (2003), The Study Habits Of Students Play Online Games In Seturan Sleman. E-societas, 1(2), 1-120.

Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, 1(2), 20 - 29. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220193

Lestari, P., Ritonga, R., Ruliana, P., & Barus, C. C. B. (2020). Disaster communication uses field training exercise simulation as an important aspect of disaster risk reduction. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1).

Mahrani, M., Ruliana, P., & Ritonga, R. (2020). Building the Image of Semarang City through Motocross World Championship. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 243-253. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.423

Natalia, E. (2020). Membangun Kesadaran Diri Generasi Muda akan Budaya Positif Melal Penggunaan Media Sosial. Journal of Servite, 2(2), 20 – 31 https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220203

Nurhajati, L., & Wijayanto, X. (2019). Kepemilikan Media dan Isi Pemberitaan Koran Tempo. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.1

Nurlatifah, Mufti (2018). Posisi Undang-Undang Pers Indonesia Dalam Ekosistem Media Digital. http://202.0.92.5/isoshum/profetik/article/view/1289

Nelva Rolina, (2006). Keluarga Sebagai Sumber Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Suatu Tinjauan Menurut Teori Sosial Kognitif Bandura). Majalah Ilmiah Pembelajaran nomor 2, Vol – 2

Nikita (2001). The First Treatment Model for Internet Addiction. Journal of Cognitive Psychotherapy, 25(4), 304-312

Ostini & Fung (2002). Beyond the Four Theories of the Press: A New Model of National Media Systems

Pangaribuan, O., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 119-130. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Puspitasari, W., & Istiyanto, S. (2019). Pemberitaan Bias Gender dalam Kasus Prostitusi Online. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 76-81. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.9

Romli, Asep Syamsul M (2018). Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online.

Ritonga, R., Murwani, E., & Ritonga, S. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 82-91. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.102

Ritonga, R., Nugroho, E., & Handoko, D. (2019). Struggle of meaning and the Jokowi myth in the 2018 asian games opening video. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(1).

Ritonga, R., & Syahputra, I. (2019). Citizen journalism and public participation in the era of new media in Indonesia: From street to tweet. Media and Communication, 7(3), 79-90.

Sahputra, D. (2020). Kompetensi Wartawan dalam Liputan Anak yang Berhadapan dengan Hukum. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2), 97-105. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i2.42

Shalihah, Nur Fitriatus (2020). Polri: Penyebar Hoaks Corona Bisa Kena UU ITE, Terancam 6 Tahun Penjara. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/121703965/polri-penyebar-hoaks-corona-bisa-kena-uu-ite-terancam-6-tahun-penjara?page=all

Sunuantari, M., & Gunawan, I. (2021, January 16). Diseminasi Informasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi. Journal of Servite, 2(1), 47 - 57. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002120205

Surbakti, Dahlan (2015). Peran dan Fungsi Pers Menurut Undang Undang Pers Tahun 1999 Serta Perkembangannya.

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67-74

Wirasahidan, J. (2019). Brand Community: Pola Komunikasi dalam Menjaga Keutuhan Kelompok. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 82-90. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.12

Yanuar, D. (2020). Peran Media Baru dalam Mengubah Perilaku Perokok Tembakau ke Rokok Elektrik di Kota Banda Aceh. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 62-77. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i1.31




DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v3i1.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kahisya Prawajasena

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Indexed by: 

Google Scholar             


View My Stats