Implementasi Teori Pers dalam Pemberitaan Harian Republika

Iqbal Iqbal

Sari


Surat kabar harian Republika adalah koran nasional yang dilahirkan oleh kalangan komunitas muslim bagi republic Indonesia. Harian umum republika diterbitkan atas kehendak mewujudkan media massa yang mampu mendorong bangsa menjadi kritis dan berkualitas, yaitu bangsa yang mampu sederajat dengan bangsa maju lain di dunia, memegang nilai-nilai spiritualitas dengan wujud Pancasila sebagai filsafat bangsa, serta memiliki arah gerak seperti digariskan UUD 1945. Koran ini identik dengan ICMI karena memang didirikan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, dikalangan masyarakat Republika dikenal sebagai Koran nasional yang mengakomodasi kepentingan Islam. Dilihat dari latar belakang surat kabar harian umum republika sendiri yang berlandaskan dari komunitas kalangan muslin Indonesia tentu saja republika akan dibatasi pemberitaan tentang islam oleh pemerintah. Teori yang seringkali disebut sebagai sistem otoriter berkitan erat dengan sistem pengawasan terhadap media massa yang daya pengaruhnya dinilai amat kuat, sehingga pers dijuluki the four estate (kekuasaan keempat) setelah Lembaga legistalif, eksekutif dan yudikatif masing-masing diakui sebagai kekuasaan pertama, kedua, dan ketiga. Paper ilmiah yang bersifat kualitatif cenderung bersifat deskriptif karena berusaha untuk memberikan gambaran/penjelasan dengan menggunakan kata-kata, serta menyajikan persoalan atau garis besar tahapan. Teori yang di pakai dalam paper ilmiah ini adalah four theory of the press (4 teori pers).


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abraham, F. Z. (2014). Pemanfaatan Media Online Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan

Aguswandi, A., Cangara, H., & Sultan, M. (2019). Konstruksi Pemberitaan Partai Perindo di iNews TV. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 142-154. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.19

Aziz, Abd (2017). Sistem Teori dan Orientasi Pers. https://kumparan.com/mediamadura/sistem-teori-dan-orientasi-pers/full

Badri, Muhammad (2017) Inovasi Jurnalisme Data Media Online di Indonesia.

Hapsari, P. (2019). Akun Instagram @Nurhadi_Aldo: Kritik Fenomena Sosial. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 43-47. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.5

Hasanti, I. (2021). Hambatan Komunikasi Event Project Team dengan Account Executive pada Perusahaan Jasa Event Organizer Twisbless. Journal of Servite, 1(2), 37 -48. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220195

Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, 1(2), 20 - 29. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220193

Lestari, P., Ritonga, R., Ruliana, P., & Barus, C. C. B. (2020). Disaster communication uses field training exercise simulation as an important aspect of disaster risk reduction. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1).

Mahrani, M., Ruliana, P., & Ritonga, R. (2020). Building the Image of Semarang City through Motocross World Championship. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 243-253. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.423

Natalia, E. (2020). Membangun Kesadaran Diri Generasi Muda akan Budaya Positif Melal Penggunaan Media Sosial. Journal of Servite, 2(2), 20 – 31 https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220203

Nurhajati, L., & Wijayanto, X. (2019). Kepemilikan Media dan Isi Pemberitaan Koran Tempo. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.1

Pangaribuan, O., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 119-130. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Puspitasari, W., & Istiyanto, S. (2019). Pemberitaan Bias Gender dalam Kasus Prostitusi Online. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 76-81. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.9

Ritonga, R., Murwani, E., & Ritonga, S. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 82-91. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.102

Ritonga, R., Nugroho, E., & Handoko, D. (2019). Struggle of meaning and the Jokowi myth in the 2018 asian games opening video. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(1).

Ritonga, R., & Syahputra, I. (2019). Citizen journalism and public participation in the era of new media in Indonesia: From street to tweet. Media and Communication, 7(3), 79-90.

Sahputra, D. (2020). Kompetensi Wartawan dalam Liputan Anak yang Berhadapan dengan Hukum. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2), 97-105. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i2.42

Sunuantari, M., & Gunawan, I. (2021, January 16). Diseminasi Informasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi. Journal of Servite, 2(1), 47 - 57. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002120205

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67-74

Wirasahidan, J. (2019). Brand Community: Pola Komunikasi dalam Menjaga Keutuhan Kelompok. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 82-90. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.12

Yanuar, D. (2020). Peran Media Baru dalam Mengubah Perilaku Perokok Tembakau ke Rokok Elektrik di Kota Banda Aceh. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 62-77. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i1.31




DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v3i1.216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##