Media Online di Indonesia dalam Kajian Teori Four Theories of the Press

Risnawati Risnawati

Sari


Kebutuhan masyarakat akan sebuah informasi saat ini memang sangat diminati, apalagi didukung dengan teknologi informasid an internet yang sangat berkembang dengan pesat membuat beragam informasi dapat diakses dengan mudah dan kapan saja. Media online merupakan alternatif manusia dapat memperoleh informasi. Informasi yang diberikanpun beragam, dari mulai peristiwa kejadina, politik, hiburan, olahraga bahkan kecantikan serta lifestyle. Tentu saja media online ini masuk ke dalam pers Indonesia, mengingat pers Indonesia saat ini memiliki system tersendiri yang mana system tersebut mengikuti dan tunduk terhadap system politik dimana ia berada. Perkembangan media online di Indoensia itu sendiri mengalami perkembangan yang lumayan cukup banyak sehingga hal ini akan dibahas empat teori pers yang ada didunia, diantaranya system pers otoriter, libertarian, tanggungjawab social serta totaliter-soviet.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aguswandi, A., Cangara, H., & Sultan, M. (2019). Konstruksi Pemberitaan Partai Perindo di iNews TV. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 142-154. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.19

Hapsari, P. (2019). Akun Instagram @Nurhadi_Aldo: Kritik Fenomena Sosial. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 43-47. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.5

Hasanti, I. (2021). Hambatan Komunikasi Event Project Team dengan Account Executive pada Perusahaan Jasa Event Organizer Twisbless. Journal of Servite, 1(2), 37 -48. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220195

Ikhsano, A., & Stellarosa, Y. (2020). Pelatihan Keterampilan Government Public Relations Melalui Media Management Tools Dalam Membangun Peradilan Kredibel di Lingkungan Mahkamah Agung. Journal of Servite, 2(2), 32 - 48. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220204

Kurniawati, M., & Wardani, F. (2020, December 5). Pendampingan Perempuan dalam Mendidik Keluarga untuk Menyikapi Informasi Berita Hoax Menjelang Pemilu 2019 di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Journal of Servite, 1(2), 10 - 19. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220192

Khotimah, W., Agustini, V., & Supriyadi, A. (2020). Pelatihan Membuat Konten Edukatif untuk Media Sosial bagi Siswa SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh Tangerang di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Servite, 2(2), 49 - 55. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220205

Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, 1(2), 20 - 29. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220193

Mahrani, M., Ruliana, P., & Ritonga, R. (2020). Building the Image of Semarang City through Motocross World Championship. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 243-253. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.423

Lestari, P., Ritonga, R., Ruliana, P., & Barus, C. C. B. (2020). Disaster communication uses field training exercise simulation as an important aspect of disaster risk reduction. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1).

Natalia, E. (2020). Membangun Kesadaran Diri Generasi Muda akan Budaya Positif Melal Penggunaan Media Sosial. Journal of Servite, 2(2), 20 – 31 https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220203

Nurhajati, L., & Wijayanto, X. (2019). Kepemilikan Media dan Isi Pemberitaan Koran Tempo. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.1

Pangaribuan, O., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 119-130. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Puspitasari, W., & Istiyanto, S. (2019). Pemberitaan Bias Gender dalam Kasus Prostitusi Online. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 76-81. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.9

Ritonga, R., Murwani, E., & Ritonga, S. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 82-91. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.102

Ritonga, R., Nugroho, E., & Handoko, D. (2019). Struggle of meaning and the Jokowi myth in the 2018 asian games opening video. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(1).

Ritonga, R., & Syahputra, I. (2019). Citizen journalism and public participation in the era of new media in Indonesia: From street to tweet. Media and Communication, 7(3), 79-90.

Sunuantari, M., & Gunawan, I. (2020). Diseminasi Informasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi. Journal of Servite, 2(1), 47 - 57. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002120205.

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67-74.

Wahdaniah, I., & Sari, A. (2020). Pembeli adalah Raja: Strategi Komunikasi Pemasaran Konvensional Warung Spesial Sambal Menghadapi Persaingan Pasar Modern. Journal of Servite, 2(1), 37 - 46. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002120204




DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v3i1.215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##