Peran Komunikasi Media Massa di Tengah Pandemi Covid-19

Fafa Arnadatya

Sari


Komunikasi massa memiliki peranan yang strategis dalam menanggapi berbagai persoalan yang ada. Bahkan, komunikasi massa dapat menjadi salah satu bentuk edukasi dini yang langsung menyasar terahadap masyarakat luas dengan efektif dan efisien. Bahasan utama dalam penelitian ini yaitu berkaitan dengan peranan penting komunkasi massa di tengah pandemi Covid-19 ini, sebagai bentuk pencegahan dan edukasi dini kepada masyarakat melalui media online. Hasil dari penelitian ini yaitu, pertama menyatakan bahwa komunikasi massa memiliki peranan sentral dalam menanggapi pandemi Covid-19 ini. Kedua, bahwasanya persoalan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 ini yang menjadi permasalahan global berpotensi memicu adanya tatatan atau rekontruksi sosial yang baru, dengan demikian diperulakan adanya komunikasi yang erat antara stakeholder dengan masyarakat dalam menanggapi permasalahan ini.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aguswandi, A., Cangara, H., & Sultan, M. (2019). Konstruksi Pemberitaan Partai Perindo di iNews TV. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 142-154. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.19

Arni, Muhammad. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bmi Aksara. 2011. Burhan, bungin. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2007.

Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi: edisi revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Hapsari, P. (2019). Akun Instagram @Nurhadi_Aldo: Kritik Fenomena Sosial. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 43-47. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.5

Hasanti, I. (2021). Hambatan Komunikasi Event Project Team dengan Account Executive pada Perusahaan Jasa Event Organizer Twisbless. Journal of Servite, 1(2), 37 -48. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220195

John E., Kennedy. “Strategi Pemilihan Media, Visual dan Pesan di Media Cetak, Elektronik dan Outdoor Promotion.” Jurnal Manajerial, 2(4).

Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, 1(2), 20 - 29. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102001220193

Mahrani, M., Ruliana, P., & Ritonga, R. (2020). Building the Image of Semarang City through Motocross World Championship. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 243-253. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.423

Marhaeni Fajar. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik” Jakarta Barat: Graha Ilmu. 2009.

Noor, Henry Faizal. Ekonomi Media. Jakarta: PT RajaGrafindo persada. 2010.

Istana Merdeka.” Gugus Tugas Paparkan Respons Cepat Tangani Corona dalam 3 Bulan” Jakarta Pusat: Detik.com.2020

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kriyantono, R., (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Kusumawati, A., (2011). Manajemen pemasaran Modern. Vol.3(1). Analisis pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Hypermart Malang Town Square (MATOS). https://online- journal.unja.ac.id/index.php/pemasaran/ article/view/1023

Littlejohn, S. W., (2009). Teori Komunikasi Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Lestari, P., Ritonga, R., Ruliana, P., & Barus, C. C. B. (2020). Disaster communication uses field training exercise simulation as an important aspect of disaster risk reduction. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1).

Majid, A.A. (2017, Agustus 30). perencanaan- keuangan/d-3620868/generasi-milenial- dan-keuangan-mereka https://finance.detik.com

Marhadi., Nursyamsi, A., dan Noviasari, H. (2013). Ekonomi. Vol.21(3) . Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Di Perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/ article/view/1747/1719

Natalia, E. (2020). Membangun Kesadaran Diri Generasi Muda akan Budaya Positif Melal Penggunaan Media Sosial. Journal of Servite, 2(2), 20 – 31 https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002220203

Noor, Juliansyah. (2013) Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana prenada Media Group

Nurhajati, L., & Wijayanto, X. (2019). Kepemilikan Media dan Isi Pemberitaan Koran Tempo. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 1-14. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.1

Pangaribuan, O., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 119-130. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Puspitasari, W., & Istiyanto, S. (2019). Pemberitaan Bias Gender dalam Kasus Prostitusi Online. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 76-81. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.9

Pramita E. (2017, Februari 023). keluarga- karier/finansial/kesalahan-generasi- millenial-mengatur-keuangan diperoleh dari website http://majalahkartini.co.id/

Prisgunanto, I., (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Raco, C. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakterisitik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Rangkuti, F. (2016). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Reynaldo, A. (2017, Oktober 20). 7-kesalahan- generasi-millennial-dalam-mengatur- keuangannya diperoleh dari website https://swara.tunaiku.com/finansial

Ruslan, R. (2013). Metodologi penelitian public relations dan komunikasi.

Ritonga, R., Murwani, E., & Ritonga, S. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 82-91. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.102

Ritonga, R., Nugroho, E., & Handoko, D. (2019). Struggle of meaning and the Jokowi myth in the 2018 asian games opening video. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(1).

Ritonga, R., & Syahputra, I. (2019). Citizen journalism and public participation in the era of new media in Indonesia: From street to tweet. Media and Communication, 7(3), 79-90.

Sugiyarti, G., (2015). Ilmiah Untag Semarang. Vol.4(1). Pengaruh Sense Marketing, Think Marketing, Relate Marketing terhadap Kepuasan Konsumen. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/s a/article/view/145/202

Sunuantari, M., & Gunawan, I. (2020). Diseminasi Informasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi. Journal of Servite, 2(1), 47 - 57. https://doi.org/https://doi.org/10.37535/102002120205

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67-74




DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v3i1.214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##