Fanatisme Remaja Perempuan Penggemar Musik K-POP

Tiara Putri Ayunita, Fizzy Andriani

Abstract


Ketenaran musik K-Pop tidak jauh dari penggemar. Antusiame dan kecintaan terhadap musik K-Pop menimbulkan perilaku fanatisme bagi para penggemarnya. Eksistensi musik K-Pop dapat kita lihat dari fanbase musik Kpop yang bermunculan di media sosial. Fanatisme penggemar musik K-Pop pada remaja perempuan juga di tunjukkan dengan para penggemar musik K-Pop bergabung dalam fandom tertentu sebagai bentuk dukungan kepada musik K-Pop. Serta menghadiri konser, menghadiri fangathering, serta membeli atribut yang berhubungan dengan idola nya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan observasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini yang memenuhi kriteria sebagai penggemar musik K-Pop. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ketiga informan memiliki fanatisme pada perilaku mereka. Mereka mengekspresikan fanatisme sebagai seorang penggemar dengan cara menghadisi konser saat idola mengadakan konser, mengoleksi atribut yang berhubungan dengan idola, dan membeli album sang idola untuk mendukung grup idola nya. Dengan menjadi fanatisme untuk dirinya sendiri, membuat penggemar remaja perempuan memiliki rasa kepuasan tersendiri setelah mereka membeli merchandise official, album, atribut idola, bahkan hingga menonton konser yang di selenggarakan oleh grup idola.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v2i01.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi



 

 


Indexed by: 

Google Scholar             


View My Stats