Evaluasi Kualitatif terhadap Hambatan Pelaksanaan Komunikasi Tri Pusat Pendidikan
Abstract
Fokus kajian ini adalah mengungkap faktor-faktor penghambat pelaksanaan komunikasi tri pusat pendidikan (sekolah, keluarga, dan masyarakat). Komunikasi tri pusat pendidikan merupakan proses interaksi para pemangku kepentingan pendidikan sebagai upaya strategis meningkatkan peran sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan, sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat mewujudkan sekolah unggul, yang mampu menghasilkan lulusan dengan prestasi akademik maupun karakter yang berkualitas. Evaluasi dengan pendekatan kualitatif ini meninjau faktor-faktor yang menyebabkan hambatan komunikasi tri pusat pendidikan. Informan penelitian ini adalah para guru, siswa, orangtua/wali, dan tokoh masyarakat. Data dianalisis menggunakan analisis interaktif yang mencakup empat tahapan, yaitu: data colection, data reduction, data display, dan drawing conclusion/verification. Hasil penelitian mengungkap faktor-faktor yang menjadi hambatan pelaksanaan komunikasi tri pusat pendidikan, mencakup: rendahnya keahlian komunikator, kurangnya power komunikator, belum tersedianya media yang representatif, belum melembaganya sistem komunikasi tri pusat pendidikan, dan perbedaan latar belakang budaya.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25008/pknk.v2i01.159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi
Indexed by:
View My Stats